Resep Roti Kukus Mekar Pelangi Paling Empuk dan Enak untuk Camilan Keluarga

Resep Roti Kukus Mekar Pelangi – Saat kumpul bersama keluarga bisa menjadi momen spesial kalau ditemani dengan cemilan lezat yang disukai semuanya. Bukan hanya disukai oleh ibu saja, ayah saja atau anak saja, tapi harus disukai oleh semuanya.

Ada banyak cemilan pilihan yang bisa anda jadikan teman untuk kumpul-kumpul bareng keluarga. Kalau keluarga anda sendiri suka ngemil apa? Biasanya anak-anak suka ngemil yang manis-manis, kalau ibu suka yang lembut, kalau ayah suka ngemil yang banyak 😀

Nah, Resepmasakankreasi merekomendasikan kepada anda untuk membuat roti kukus yang empuk dan enak. Roti kukus bisa menjadi pilihan ngemil bersama keluarga tercinta. Roti kukus yag lembuh dan manis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kumpul sambil nonton TV, ngumpul piknik atau ngumpul sambil baca buku. Pokoknya kue kukus bisa menjadi teman ngemil diberbagai momen.

Selain dapat dijadikan teman ngemil bersama keluarga, roti kukus juga bisa dijadikan cemilan saat acara-acara arisan, yasinan atau acara-acara di kantor maupun di sekolah. Kira-kira apa saja bahan yang diperlukan? Tidak banyak bahan yang diperlukan untuk membuat roti kukus yang empuk dan enak saat dimakan.

Resep Roti Kukus Mekar Pelangi

Resep Roti Kukus Mekar Pelangi

Yang kita butuhkan seperti telur putihnya saja, baking powder, santan kental, kuning telur lebih banyak daripada putih telur, tepung terigu dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kukus yang lembut dan enak:

Bahan- bahan untuk Membuat Kue Kukus Mekas Pelangi

  • 4 butir telur yang diambil bagian putihnya saja
  • Baking powder 2 sdt
  • Santan kental atau soda asli 1 ½ gelas
  • Kuning telur 6 butir
  • Vanili 2 sachet
  • Gula pasir 500 gr
  • Emulsifier 3 sdm
  • Pewarna makanan pelangi
  • Tepung terigu 500 gr

Cara membuat Roti Kukus Mekar Pelangi

  1. Cara membuat kue kukus mekar pelangi yang pertama adalah, silahkan campurkan tepung terigu, baking powder dan vanili lalu aduk hingga rata dan sisihkan.
  2. Setelah bahan di atas tercampur, selanjutnya anda kocok telur serta gula hingga mengembang. Untuk hasil yang baik, maka anda bisa menggunakan mixer dan campurkan emulsifier
  3. Berikutnya,  tambahkan soda sembari menurunkan kecepatan mixer dan jika sudah selesai, maka anda bisa mematikan mixer tersebut.
  4. Campurkan tepung terigu dengan kocokan telur, aduk hingga merata dan mengembang.
  5. Pisahkan adonan menjadi 3 bagian. Untuk adonan pertama dan kedua, anda bisa menggunakan pewarna makanan dan yang ketiga, maka anda tidak perlu menggunakan warna. Tuang adonan tanpa warna pada wadah yang telah diberi alas dan sisanya untuk adonan yang menggunakan warna.
  6. Didihkan air pada dandang namun perlu diingat untuk tidak perlu mengisinya secara penuh. Selanjutnya, anda bisa mengukus adonan pada cetakan sekitar 15 menit.

Catatan:

Jangan buka dandang saat mengukus adonan kue jika belum benar- benar matang. Namun jika sudah makan, maka anda mengangkat dan bisa anda sajikan secara langsung.

Bagaimana? Ternyata cukup mudah bukan untuk membuatnya? Kini kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau biasanya kita makan kue kukus ini di rumah tetangga atau pada acara-acara saja, kini kita bisa membuatnya sendiri untuk cmeilan bersama keluaga tercinta.

Untuk varian warnanya bisa anda ubah sesuai selera saja. Demikianlah Resep Roti Kukus Mekar Pelangi dari kami, semoga anda dan keluarga menyukainya, Jangan lewatkan juga Cara Membuat Perkedel Kentang yang Paling Enak, Wajib Coba!